Keselamatan

Enam Pertanyaan Kritis

Layaknya seorang reporter investigasi, kita perlu bertanya kritis enam hal mengenai ‘Keselamatan’: kenapa, kapan, dimana, apa, bagaimana, dan siapa.

1. Kenapa kita harus khawatir mengenai keselamatan? Kenapa hal itu penting?

2. Kapan dan dimana keselamatan dimulai? Di sini dan sekarang, atau di sana dan nanti? Apakah surga dimulai pada bumi?

3. Apa itu keselamatan? apakah keselamatan hanya jaminan selamat dari api kekal? Apakah keselamatan mencakup pengudusan atau hanya pembenaran? apakah keselamatan memerlukan usaha/karya kebaikan atau hanya cukup dengan iman? Apakah keselamatan adalah suatu realitas baru diantara kita manusia atau hanya suatu hubungan baru dengan Allah?

4. Dan yang terpenting dari semua pertanyaan, bagaimana kita diselamatkan? (pertanyaannya ini bukan pertanyaan yang sulit, teknis dan spekulatif tentang bagaimana penebusan “bekerja”, bagaimana Allah mengelola teknologi spiritual, dapat dijelaskan. Namun pertanyaan yang berat adalah pertanyaan untuk apologetik yaitu adanya tersirat kesewenang-wenangan, sempitnya, dan ketidakadilannya doktrin “hanya satu jalan ke surga”.)

5. Pertanyaan bagaimana selanjutnya mengarah ke pertanyaan siapa: Apakah Yesus satu-satunya penyelamat? Jika iya, apakah itu berarti bahwa tidak ada non-kristen dapat diselamatkan? (Pertanyaan “siapa” menjadi dua pertanyaan: Siapa yang menyelamatkan? dan, siapa yang diselamatkan?

Apa yang anda pikirkan?