Tanya Jawab

Apakah Tugas Gereja?

Tugas Gereja adalah menghadirkan Kerajaan Allah, yang telah dimulai oleh Yesus, supaya bertumbuh dan berakar ke sagala bangsa.

Ke mana pun Yesus pergi, surga menyentuh bumi: Kerajaan Allah didirikan, suatu kerajaan damai dan berkeadilan.
Gereja melayani Kerajaan Allah ini. Ia tidak berakhir dalam dirinya sendiri. Ia harus membawa apa yang telah dimulai oleh Yesus. Ia harus bertindak sebagaimana Yesus bertindak. Ia melanjutkan tanda-tanda pengudusan dari Yesus (Sakramen-Sakramen). Ia membawa sabda Yesus. Itulah sebabnya Gereja, terlepas dari kelemahannya, selalu disegani di bumi dan di surga.

Mengapa Gereja lebih dari sekadar lembaga?

Gereja bukan sekadar suatu lembaga karena ia adalah Misteri yang serentak isani dan Ilahi.

Kasih sejati tidak membutakan seseorang, tetapi sebaliknya membuat orang bisa melihat. Sehubungan dengan Gereja, di sinilah persis persoalannya: di satu sisi, Gereja merupakan lembaga historis dengan pencapaian historisnya, namun juga kesalahan dan bahkan kejahatannya – Gereja yang pendosa. Namun di sisi lain, Gereja berciri Ilahi. Di atas segalanya, Kristus sangat terlibat bersama kita pendosa sehingga Ia tidak pernah meninggalkan Gereja-Nya, bahkan sekalipun kita mengkhianati-Nya setiap hari. Kesatuan yang tak terpisahkan antara yang insani dan Ilahi, dosa dan rahmat, merupakan misteri Gereja. Gereja adalah kudus dan tidak dapat dihancurkan.