Doa untuk Para Petugas Gereja

Ya Allah, kami bersyukur karena Engkau tidak membiarkan umat-Mu terlantar ibarat domba yang tanpa gembala. Umat-Mu Kau perlengkapi dengan banyak pelayan untuk membangun Tubuh Kristus. Engkau memberi kami nabi, rasul, gembala, pewarta Injil, guru, imam, ketua stasi, ketua lingkungan, dan masih banyak lagi. Engkau menghendaki agar berkat pelayanan mereka, umat-Mu mencapai pengetahuan yang benar tentang Putra-Mu, dan mencapai kedewasaan iman. Terimakasih, Bapa, atas mereka semua.

Berilah mereka hati yang ramah dan semangat pendamai. Jauhkanlah mereka dari kebiasaan bercabang lidah, dan jangan Kau biarkan mereka dikuasai oleh sikap serakah. Semoga mereka dapat menahan diri dan dapat dipercaya dalam segala hal.

Bantulah mereka menjalani tugasnya dengan semangat melayani. Semoga mereka selalu meniru Kristus, yang datang bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani. Bantulah pemuka umat di wilayah ini menjalin kerjasama yang baik. Semoga mereka sungguh menjadi teladan dalam menghayati iman, dalam sikap takwa, kasih, dan pelayanan. Kami mohon agar mereka semua selalu berpandangan luas, mau menyiapkan dan membimbing para penggantinya dengan baik, dan kalau tiba saatnya mereka rela mengundurkan diri.

Kami berdoa pula bagi para pemimpin yang gagal dan yang kurang diterima oleh umat. Tabahkanlah mereka, jangan sampai menjadi putus asa. Semoga tantangan ini justru mendekatkan mereka kepada-Mu, dan semoga mereka lebih menyandarkan kepemimpinannya pada kekuatan-Mu. Semua ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

(Amin.)