Doa untuk Para Petobat

Allah yang maharahim, Engkau tidak menghendaki agar orang berdosa binasa, tetapi agar mereka bertobat dan hidup. Terima kasih atas semangat tobat yang telah Kau tumbuhkan dalam hati saudara-saudara kami yang bertobat, khususnya …, yang ingin kembali berdamai dengan Dikau dan Gereja.

Teguhkanlah semangat tobat mereka. Tumbuhkanlah kembali semangat iman dan kasih mereka. Cucilah hati mereka yang pernah ternoda oleh dosa. Bantulah mereka menjauhi dosa dan hidup hanya bagi-Mu, sehingga pada akhir masa tobat nanti mereka sungguh pantas didamaikan kembali dengan Dikau dan Gereja; juga didamaikan dengan sesama, terutama yang menderita karena dosa mereka. Sambutlah para petobat ini dengan penuh kerahiman seperti dilukiskan Yesus sendiri dalam hati lapang seorang bapa yang menyambut kembali anaknya yang hilang.

Dampingilah mereka selama mengungkapkan tobatnya lewat kegiatan-kegiatan silih. Kuatkanlah mereka dalam usaha memulihkan semua yang telah rusak karena dosa mereka. Semoga dengan demikian tobat mereka menjadi sempurna.

Dan bagi kami sendiri, semoga kami menyambut kedatangan mereka dengan hati penuh kasih persaudaraan, sehingga kawanan Putra-Mu kembali menjadi utuh. Semoga semangat tobat saudara-saudara kami itu menumbuhkan semangat tobat yang sama dalam diri kami, agar kami pun terdorong untuk membarui hidup kami. Demi Kristus, Tuhan kami.

(Amin.)