Doa untuk Orang yang Menderita

Allah, Bapa kami, Putra-Mu telah menderita banyak sekali demi keselamatan kami. Ia lahir dalam kemiskinan dan kepapaan. Akhir hidup-Nya pun Ia jalani dalam penderitaan yang amat berat. Tetapi Ia sendiri mempunyai kasih dan perhatian yang besar terhadap orang yang menderita. Ia menyembuhkan banyak orang sakit. Bahkan Ia memikul kelemahan kami dan menanggung penyakit kami. Ia mengundang orang-orang yang letih lesu dan berbeban berat, dan Ia memberikan kelegaan kepada mereka.

Ya Bapa, semoga kami pun memiliki perhatian dan kasih kepada orang-orang yang menderita. Semoga kasih kepada orang yang menderita mendekatkan kami kepada-Mu, dan menyadarkan bahwa kami sungguh tergantung pada-Mu.

Bapa yang penuh belaskasih, Allah sumber segala penghiburan, jadikanlah kami alat-Mu untuk menghibur mereka yang dirundung penderitaan. Semoga dengan kekuatan-Mu kami dapat menyingkirkan hal-hal yang dapat menyebabkan penderitaan. Berikanlah ketabahan kepada semua orang yang menderita.

Sudilah Engkau memberkati semua orang yang berusaha memperbaiki tatanan masyarakat, yang mengangkat dan memperhatikan harkat manusia. Bantulah kami semua mempersatukan penderitaan warga masyarakat dan penderitaan kami sendiri dengan penderitaan Kristus, supaya kami semua juga dimuliakan bersama dengan Dia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami.

(Amin.)