Doa untuk Aneka Bidang Pekerjaan

Allah, Bapa yang mahabijaksana, Engkau menghendaki agar kami menaklukkan bumi dan mengolahnya lewat aneka kerja. Dengan demikian Engkau membimbing kami memenuhi kebutuhan hidup kami.

Kami bersyukur karena melalui kerja yang bermacam-macam kami Kau ikut sertakan dalam karya-Mu. Engkau sendiri terus bekerja sampai sekarang, bahkan Engkau turut bekerja dalam aneka pekerjaan yang digeluti umat-Mu. Bapa, kami bersyukur atas aneka bidang kerja dalam masyarakat kami, yang mencerminkan keragaman karya-Mu sendiri.

Teristimewa kami mengucap syukur atas pekerjaan kami; bantulah kami melaksanakannya dengan segenap hati dan penuh tanggung jawab. Kami percaya bahwa melalui pekerjaan ini Engkau sendiri berkarya dalam diri kami. Semoga lewat pekerjaan ini kami dapat membantu orang-orang yang lemah, dan semoga pekerjaan kami sungguh menjadi pelayanan bagi sesama.

Bapa, kami mohon semangat kesetiaan, ketekunan dan pengorbanan, agar kami dapat meneladan Putra-Mu, Yesus Kristus. Sebagaimana karya Bapa mendatangkan keselamatan, semoga pekerjaan kami pun mendatangkan kebaikan dan berguna bagi perkembangan kami serta bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian pula kami berdoa bagi yang sedang berusaha mencari pekerjaan. Bantulah mereka agar tidak putus asa, dan segera menemukan apa yang dicita-citakan.

Ya Bapa, bantulah kami semua agar bekerja bukan hanya untuk makanan yang akan binasa, melainkan juga untuk makanan yang akan bertahan sampai ke hidup yang kekal. Bapa, kami persembahkan kepada-Mu, segala usaha dan niat kami, agar menjadi persembahan yang berkenan di hati-Mu, karena Kristus, Tuhan kami.

(Amin.)