Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Doa sebelum Makan

Bapa yang mahamurah, kami bersyukur atas makanan yang Kau sediakan bagi kami sebagai tanda kemurahan dan penyelenggaraan-Mu. Berkatilah makanan ini agar berguna bagi kesehatan kami, berkatilah mereka yang telah menyediakannya, dan berkatilah pula kami semua yang kini berkumpul untuk makan bersama. Semoga perjamuan ini memupuk semangat persaudaraan di antara kami, danĀ mengingatkan kami akan Yesus Kristus, yang telah menjadikan perjamuan sebagai sarana kehadiran-Nya di tengah kami, para murid-Nya. Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang masa.

(Amin.)


Doa sesudah Makan

Bapa yang mahamurah, terima kasih atas rezeki yang baru saja kami nikmati. Semoga tanda kemurahan-Mu ini memberikan kekuatan baru untuk meningkatkan pengabdian kami kepada-Mu dan pelayanan kami kepada sesama. Semoga makanan ini menumbuhkan dalam hati kami kerinduan akan Yesus Kristus, roti hidup yang turun dari surga.

Kami mohon berkat-Mu bagi mereka yang tidak makan pada hari ini, karena puasa, sakit, dan miskin. Berkatilah pula semua orang yang mengusahakan pemerataan pangan bagi umat manusia.

Semua ini kami mohon dengan pengantaraan Yesus Kristus, rezeki rohani yang bertahan sampai kehidupan abadi. (Amin.)