Doa Malam

Doa Malam 1

Allah, Bapa di surga, aku berlutut di hadapan-Mu dan bersembah sujud kepada-Mu. Aku mengucap syukur atas segala kemurahan-Mu, terlebih atas pemeliharaan-Mu pada hari yang lalu. Terima kasih pula atas bimbingan-Mu terhadap pikiran, perkataan, dan perbuatanku sepanjang hari tadi.

Utuslah Roh Kudus menerangi budiku, supaya aku dapat mengetahui dosa-dosaku, dan berilah aku rahmat-Mu supaya aku dapat menyesalinya dengan sungguh.

(Pemeriksaan batin, disusul Doa)

Bapa, utuslah malaikat-Mu selalu melindungi, menerangi, membimbing dan menghantar aku. Sucikanlah jiwa ragaku, agar aku pun hidup suci seperti Maria yang dikandung tanpa noda.

Ya Bapa, berilah aku berkat-Mu, lindungilah aku terhadap segala yang jahat, dan bimbinglah aku kepada kehidupan yang kekal. [Amin]

Dan semoga orang yang sudah meninggal, khususnya …. beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan.

[Amin]


Doa Malam 2

Allah, Bapa kami yang ada di surga, pada malam hari ini, kami menghadap Engkau. Kami mengucap syukur atas penyelenggaraan-Mu pada siang hari tadi. Bapa, kami sadar bahwa kami manusia lemah. Maka berilah kami hati yang tulus dan jujur untuk melihat dan membuka kekurangan-kekurangan kami dihadapan-Mu. Berilah kami karunia tobat agar dapat menyesali semua dosa kami dengan tulus.

(Pemeriksaan batin, disusul Doa tobat)

Bapa, kami berterimakasih karena rahmat pengampunan yang telah membebaskan kami dari kuasa kegelapan. Dalam sukacita pengampunan ini kami teringat akan semua orang yang hidupnya masih dikuasai kegelapan. Utuslah Putra-Mu ke tengah mereka sebagai terang sejati yang menghalau kegelapan; semoga mereka semua terbuka untuk menerima terang Putra-Mu, dan Kau masukkan ke dalam kerajaan terang.

Ya Bapa, berilah kami hati yang damai dan malam yang tenang. Apa pun yang terjadi, semoga kami percaya dan pasrah pada kebijaksanaan-Mu. Semoga esok pagi kami boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru untuk memuji Engkau.

(Amin.)


Doa Malam 3 (Anak-anak)

Allah Bapa yang maha baik, aku berterimakasih kepada-Mu. Engkau telah membimbing aku sepanjang hari tadi. Terima kasih karena Yesus yang telah menemani aku. Terima kasih atas Roh Kudus yang menuntun aku. Terima kasih pula karena orangtua yang selalu memperhatikan dan mendidik aku; terima kasih karena sanak saudara, dan terima kasih karena segala anugerah yang telah aku terima pada hari ini. Sekarang utuslah Roh Kudus menerangi aku, supaya aku dapat mengetahui dosa-dosaku, dan bantulah aku supaya dapat menyesalinya dengan sungguh.

Pemeriksaan batin, disusul Doa Tobat:

Ya Bapa, lindungilah aku malam ini supaya dapat tidur nyenyak. Semoga besok pagi aku dapat bangun kembali dengan segar. Aku mohon berkat-Mu untuk orang tua dan sanak-saudaraku, terutama untuk orang-orang yang sakit dan menderita.

Utuslah malaikat-Mu selalu berjaga disampingku, melindungi aku sepanjang malam, dan membangunkan aku besok pagi.

Bapa, Selamat malam. Aku serahkan jiwa-ragaku ke dalam tangan-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

[Amin]

Apa yang anda pikirkan?